DifaWisata.com – Sejak pertama kali dibangun, Wisata Umbul Banyuwangi selalu menjadi tujuan wisata favorit, terutama ketika musim liburan tiba. Umbul adalah perjalanan berenang di mana ada kolam renang dan kendaraan seperti bermain pohon air dan lainnya.

Orang sering bingung dengan nama Umbul Pule dan Umbul Bening. Umbul Pule dan Clear Umbul adalah dua tempat wisata dengan manajer berbeda. Keduanya sebenarnya menawarkan kendaraan yang sama dan terletak di satu tempat dengan hanya tepi dinding.

Pemandian Umbul Banyuwangi tidak dibangun di ruang terbuka, tetapi dikelilingi oleh tembok tinggi seperti resor pantai pada umumnya.

Kendaraan unggulan Wisata Umbul Banyuwangi

Wisata Umbul Pule

Kendaraan superior untuk Umbul Pule dan Umbul yang jelas adalah kolam renang. Air kolam yang digunakan adalah sumber air murni yang diperoleh dari bukit-bukit dekat tempat itu.

Untuk kolam renang dibagi lagi menjadi berbagai jenis, yaitu kolam renang dengan kedalaman 2 meter yang didedikasikan untuk orang dewasa dan kolam renang sedalam 40 cm yang didedikasikan untuk anak-anak. Ada 4 kolam renang secara keseluruhan.

Kolam renang dewasa

Kolam renang dewasa

Kolam renang anak-anak Umbul

Kolam renang anak-anak

Untuk memudahkan pengunjung yang tidak bisa berenang, petugas telah menyediakan pelampung yang berbeda. Dengan sedikit keberuntungan, pengunjung dapat menggunakan ban pelampung secara gratis, dengan catatan jika tidak ada yang tersisa. Mengingat bahwa pariwisata di Umuw Banyuwangi selalu penuh dengan pengunjung dan jumlah rantai sangat terbatas, hukum "siapa yang bisa mendapatkannya dengan cepat" berlaku.

Fasilitas lain yang tersedia adalah gesibo (gesibo: gubuk kecil untuk beristirahat, biasanya orang menyebutnya Bali bingung). Setelah lelah berenang dan menghabiskan waktu mencicipi berbagai atraksi, pengunjung dapat bersantai atau menikmati makanan yang mereka bawa dari rumah.

Gasebo Umbul Banyuwangi

Gasebo adalah tempat untuk bersantai

Jika Anda tidak membawa makan siang, ada banyak kafe dan pedagang kecil di area pemandian yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Kamar mandi yang tersedia selama tur Umbul Banyuwangi juga cukup banyak, sehingga pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah berenang tidak perlu berlama-lama.

Harga tiket Wisata Umbul Banyuwangi

Tur panji buka mulai pukul 8 pagi di pagi hari. Dan di pagi hari airnya sangat dingin. Pada jam ini, pengunjung masih tidak terlalu sibuk, dan masih ada banyak stok ban pelampung.

Untuk biaya masuk, tur Umbul Banyuwangi adalah Rp. 5.000 (lima ribu rupiah). Harga sangat bersahabat bukan?

Catatan: Semua harga di atas dapat berubah kapan saja

Rute ke Wisata Umbul Banyuwangi

Ada dua rute utama yang bisa diambil untuk menuju pemandian Umbul Banyuwangi.

Bagi pengunjung yang berangkat dari barat (dari arah Jember) rute yang diikuti adalah sebagai berikut.

Jember => Kalibaru => Glenmore => Wisata Umbul (Desa Sumbergondo)

Mengenai pengunjung yang berangkat dari timur (Kota Banyuwangi), rute yang harus diikuti adalah sebagai berikut.

Banyuwangi => Rogojampi => Genteng => Glenmore => Wisata Umbul (Desa Sumbergondo)

Jika Anda menggunakan bus, Anda bisa segera turun di pertigaan Glenmore. Kemudian taksi motor langsung menuju ke lokasi.

Jika Anda menggunakan kereta, Anda bisa turun di stasiun Setail. Kemudian naik ojek ke lokasi.

Lokasi dan peta Wisata Umbul Banyuwangi

Wisata Pemandian Umbul terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di desa Sumbergondo, di kabupaten Glenmore. Kurang lebih butuh 1 jam pada saat keberangkatan dari Kota Banyuwangi. Jika Anda berangkat dari Jember, ini akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Lihat lokasi Banyuwangi Umbul di Google Map

Leave a Reply