DifaWisata.com – Wisata Ujung Kulon Banten adalah nama lain dari Taman Nasional Banten. Taman ini diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia sejak 1992 oleh Badan Budaya Dunia, UNESCO. Wisata Ujung Kulon berada di tempat yang jauh dari keramaian, sehingga tempat ini sangat bagus untuk menerobos kelelahan dan sebagai tempat untuk pembaharuan otak. Wisata Ujung Kulon tidak hanya menawarkan aneka hewan, tetapi juga tempat wisata menarik lainnya seperti taman laut, sumber air panas, air terjun, dll.

Foto Wisata Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Karena tempat wisata ini cukup terisolasi dari keramaian, tenaga listrik sangat sulit untuk sampai ke tempat ini. Jadi ketika Anda datang ke sini, jangan kaget jika sulit menemukan sinyal komunikasi seluler.

Fenomena unik yang dapat ditemukan di tempat wisata ini adalah Ikan Glodok dan Sumpit. Ikan glodok adalah jenis ikan yang dapat memanjat pohon, sedangkan ikan sumpit adalah jenis ikan yang dapat mengeluarkan air dari tubuhnya.

Larangan Larangan yang harus diperhatikan ketika mengunjungi Wisata Ujung Kulon:

  • Dilarang membawa senjata api
  • Pengangkutan benih tanaman dilarang
  • Hewan peliharaan dilarang
  • Berburu binatang dilarang
  • Jangan menebang pohon atau merusak tanaman

Wisata Ujung Kulon Badak Bercula Satu

Di taman nasional ini ada badak Berulaula yang juga disebut badak Jawa, spesies langka yang dilindungi oleh negara. Hal yang paling disayangkan tentang hewan ini adalah populasinya yang semakin menurun. Badak di Ujung Kulon Tourism dibagi lagi oleh para peneliti ke dalam kategori yang berbeda seperti warna kulit, kerutan wajah, kerutan mata, telinga, lipatan leher dan ekor.

Badak Unicorn

Badak Unicorn

Badak Bercula One tinggal di Taman Nasional Ujung Kulon dengan luas 38 hektar.

Sangat mengganggu, Tubuh Satu Balon hampir punah. Sekarang ada 57 yang tersisa (tanggal: Juli, 2015)

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon

Tur ini menawarkan sejuta keindahan alam yang seolah tak pernah berakhir. Tempat menarik lain yang bisa dikunjungi adalah;

  1. Pulau Peucang
Pulau Peucang Ujung Kulon

Pulau Peucang

Di pulau ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dan bisa menyelam dan snorkeling. Di Pulau Peucang ada taman di bawah laut yang sangat menakjubkan dan dapat ditemukan saat menyelam atau snorkeling. Fasilitas dan sarana dan prasarana di Pulai sangat memadai

  1. Pulau Handeuleum
Kepulauan Handeuleum Ujung Kulon

Pulau Handeuleum

Kepulauan Handeuleum adalah kumpulan berbagai pulau di satu wilayah. Di kepulauan ini terdapat pulau-pulau dengan bentuk dan ukuran yang berbeda, beberapa hanya pulau kecil dan beberapa pulau besar.

Di salah satu pulau di Handeuleum adalah sungai dengan beragam spesies hewan. Di sungai ini, wisatawan dapat melakukan aktivitas sungai di sepanjang sungai dengan menyewa "perahu kano" yang disediakan oleh manajemen.

  1. Pulau Panaitan
Pulau Panaitan Ujung Kulon

Pulau Panaitan

Tidak jauh dari Pulau Peucang, tepatnya di barat Pulau Peucang, terletak Pulau Panaitan. Di Pulai ada banyak peselancar yang bermain dengan ombak. Ombak di pantai ini memang sangat bagus, tidak heran juga jika pantai ini lebih dikenal dengan ombaknya, terutama dengan penggemar selancar.

  1. Pemandian air panas Cibiduk

Wahana wisata ini tidak jauh dari Taman Wisata Tanjung Ujung Kulon. Jarak dari Sumber Air Panas dari Taman Tanjung hanya beberapa kilometer. Ada fenomena unik di mata air panas ini, di mana air dari sumbernya diyakini digunakan oleh masyarakat setempat sebagai bahan dalam pengobatan penyakit. Tak heran begitu banyak orang yang datang setiap hari, bahkan ada yang datang dari luar daerah hanya untuk mendapatkan manfaat air ini dari sumber air panas ini.

  1. Air terjun Cikacang

Tempat ini sebenarnya digunakan secara khusus sebagai tempat penelitian ilmiah, karena terdapat berbagai jenis flora dan fauna di tempat ini yang sangat beragam. Beberapa tanaman di area fokus telah dikembangkan untuk digunakan sebagai obat.

  1. Padang rumput Cidaon
Padang Rumput Cidaon Ujung Kulon

Padang rumput Cidaon

Ini adalah salah satu tempat favorit bagi wisatawan yang mengunjungi Wisata Ujung Kulon. Di tempat ini dipenuhi dengan lembu jantan yang memakan rumput di hamparan luas tanah. Demi alasan keamanan, wisatawan tidak diizinkan memasuki negara tempat banteng berada. Jadi untuk melihat aktivitas banteng, wisatawan dapat memanjat menara yang disediakan oleh manajer.

  1. Tanjung Layar
Tanjung Kulon ujung layar

Tanjung Layar

Ini adalah tempat di mana wisatawan dapat melihat secara langsung perasaan kealamian hutan. Di mana pohon yang sangat besar dapat ditemukan di situs ini, dengan usia puluhan atau bahkan ratusan tahun. Kicau burung-burung yang menghuni tempat ini membuat suasana lebih tenang dan lebih damai.

Tiket masuk untuk Wisata Ujung Kulon

Tiket ini dibagi menjadi beberapa kategori, seperti jenis turis (warga negara atau orang asing), hari kerja / liburan, kunjungan ke tempat-tempat tertentu, dll. Lihat tabel berikut untuk daftar lengkap;

subjek harga
Wisatawan domestik / hari reguler Rp. 5000
Wisatawan asing / hari reguler Rp. 150.000
Wisatawan domestik / liburan Rp. 7500
Wisatawan asing / liburan Rp. 225.000
Sewa perahu motor 40-an hingga 100 HP Rp. 100.000
Sewa perahu motor 100 hingga 500 HP Rp. 150.000
Penelitian <1 bulan Rp. 100.000
Penelitian 1 bulan hingga 6 bulan Rp. 150.000
Penelitian 7 bulan hingga 12 bulan Rp. 250.000

Lokasi Wisata Ujung Kulon

Pariwisata Ujung Kulon secara administratif terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sumur dan Cimanggu, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. Sedangkan rute yang bisa ditempuh untuk datang ke tur ini adalah;

Kampung Rambutan => Serang => Labuan => Sumur => Taman Jaya => Wisata Ujung Kulon

Kontak orang yang dapat dihubungi ketika mereka ingin mengunjungi Ujung Kulon Tourism => Tel. (0253) 801731

Lihat lokasi wisata Ujung Kulon di Google Map.

Leave a Reply