Waduk Jatiluhur – Menghabiskan akhir pekan atau liburan bersama keluarga Anda akan lebih menyenangkan jika Anda melakukan ini di tempat wisata. Jika Anda bosan dengan tujuan wisata di sekitar Anda, ini mungkin waktu untuk menemukan tempat baru.

Salah satunya adalah melakukan wisata alam sambil berenang dan bermain bersama anak-anak di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Ada banyak tempat foto yang menghasilkan bidikan yang tidak biasa. Serta fasilitas lainnya bagi Anda yang menginginkan pengalaman baru. Jadi Anda tidak penasaran, ada baiknya melihat ulasan singkat kami tentang reservoir Jatiluhur di bawah ini.

Daftar Isi

Sejarah singkat waduk Jatiluhur Purwakarta

Tur Waduk Jatiluhur, Purwakarta
foto @choliez_axizone

Waduk Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 8.300 hektar dan memiliki panorama yang sangat indah. Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1957 pada masa pemerintahan Sukarno.

Dengan potensi ketersediaan air tidak kurang dari 12,9 miliar m3 per tahun. Pembangunan waduk yang berisi Sungai Citarum berlangsung 10 tahun dan selesai pada 26 Agustus 1967.

Setelah selesai, waduk Jatiluhur diresmikan oleh presiden kedua Indonesia, Jenderal Suharto. Reservoir multifungsi pertama di Indonesia dilakukan oleh kontraktor Perancis bernama Compagnie Francaise d & # 39; entreprise.

Nama bendungan dalam wisata Waduk Jatiluhur Purwakarta yang telah menghabiskan hingga $ 230 juta adalah Bendungan Ir. H. Djuanda. Ini untuk memperingati jasanya dalam pertempuran untuk pembiayaan dalam pembangunan bendungan.

Ir. H. Djuanda yang bernama lengkap Ir. H. R. Djuanda Kartawidjaja adalah perdana menteri terakhir Republik Indonesia dan memimpin kabinet kerja. Dia bersama presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno, adalah orang yang sangat bertekad untuk memperjuangkan pembangunan bendungan ini.

Fungsi waduk jatiluhur

Tur bendungan jatiluhur

image via WisataPriangan

Awalnya reservoir ini berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air. Tetapi sekarang air dari waduk Jatiluhur digunakan untuk banyak hal.

Tenaga air yang didukung oleh Perum Jasa Tirta II memiliki sistem drainase terbesar di dunia. Ada 6 unit turbin dengan kapasitas terpasang 187 MW yang dapat menghasilkan hingga 1.000 juta kWh listrik setiap tahun.

Selain itu, tur bendungan Jatiluhur ini juga bertindak sebagai pemasok air irigasi untuk 242.000 hektar sawah. Air tersebut dapat menyirami sawah di daerah sekitar waduk dengan intensitas tanaman dua kali setahun.

Air di waduk Jatiluhur juga bertindak sebagai bahan baku untuk air minum, budidaya dan pengendalian banjir. Semua manfaat dari waduk Jatiluhur dikelola oleh Perum Jasa Tirta II.

Setelah manajemen dan penataan profesional, kawasan wisata ini disebut Grama Tirta Jatiluhur. Nama yang berarti "desa air" berasal dari bahasa Sansekerta.

Baca juga: Daftar wisata Majalengka Jawa Barat Populer.

Fasilitas dan daya tarik waduk Jatiluhur

Tur Waduk Jatiluhur
foto @ andriyawan_anggi29

Mengunjungi tempat wisata alam pasti akan bertemu dengan lukisan-lukisan Tuhan yang indah yang tak tertandingi. Kombinasi langit biru dengan pepohonan yang subur di sekelilingnya dan pantulan sinar matahari dari permukaan reservoir membuat Susana sangat romantis.

Ditambah bangga dengan Gunung Parang dan Menara Tiga Menara di sekitar waduk. Itulah yang membuat waduk Waduk Jatiluhur selalu sibuk dengan wisatawan dari berbagai daerah.

Jika Anda tidak puas saat hanya duduk di tepi reservoir, Anda juga bisa menyewa perahu motor yang bisa digunakan untuk berkeliling.

Untuk pengalaman yang lebih menantang, cobalah menjelajahi waduk menggunakan Jetsky, yang bisa disewa dengan harga 100.000 rupiah. Atau Anda juga bisa menggunakan sampan. Ini adalah perahu kecil yang hanya cocok untuk satu orang dan dikendalikan oleh dayung.

Jika anggaran Anda mencukupi, tidak ada salahnya mencoba membuat pelayaran yang akan membawa Anda berkeliling danau. Kapal ini akan mengangkut setidaknya 30 orang dengan kecepatan 350.000 rupee untuk satu putaran.

Tidak hanya itu, ada alternatif lain dari reservoir, yaitu dengan menggunakan kereta monorel yang dikendalikan dengan mengayuh. Harga tiket kereta api monorel adalah 10.000 rupee untuk satu putaran yang dapat diisi oleh dua orang dewasa.

Hal menarik lainnya tentang Waduk Jatiluhur adalah tersedianya budidaya ikan keramba apung yang juga menjadi sumber makanan bagi masyarakat sekitar.

Suasana Wisata Waduk Jatiluuhur

image via jalan2jalan.com
tempat memancing di waduk Jatiluhur

Budidaya ikan kini telah berkembang menjadi tempat memancing di waduk Jatiluhur yang sangat menarik bagi pengunjung. Anda bisa memancing di tengah suasana damai sambil menyaksikan matahari terbenam dan ditemani oleh ikan bakar yang lezat.

Ini benar-benar akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan sulit untuk dilupakan, terutama bagi mereka yang suka memancing.

Melihat airnya begitu luas dan tentu saja akan memalukan jika Anda tidak merasakan kesegaran dengan berenang. Tetapi tidak ada alasan untuk tenggelam, karena pohon air dengan fasilitas yang memadai telah dibangun di sekitar waduk Jatiluhur.

Wahana permainan air, yang disebut water world, memiliki 4 level kolam renang, yaitu olimpic, dangkal, anak-anak dan orang dewasa. Ada juga banyak permainan yang menyenangkan seperti ember air, papan selancar, trampolin bungee, dan sebagainya.

Harga tiket untuk bermain Waterboom adalah 27.500 pada hari Senin hingga Jumat dan 30.000 rupiah untuk hari Sabtu dan Minggu.

Nah, bagi Anda yang menikmati aktivitas fisik seperti outgoing, Waduk Jatiluhur juga menawarkan fasilitas. Berkemah di sisi waduk juga sangat memungkinkan karena memiliki lahan yang cukup.

Dari bukit-bukit yang digunakan untuk berkemah, ada pemandangan rumput hijau dan luasnya reservoir. Anda yang tidak punya waktu untuk mempersiapkan segalanya tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa berkemah bahkan jika Anda tidak membawa apa pun.

Karena ada peralatan sewa di sekitar waduk untuk berkemah, seperti peralatan masak, tenda, kursi lipat dan banyak lagi.

Baca juga: 24 objek wisata di Tasikmalaya, Jawa Barat Paling menarik.

Nikmati waduk Jatiluhur yang indah

Harga tiket untuk Waduk Jatiluhur
gambar melalui picnikasik.com

Jika Anda ingin menikmati keindahan waduk Jatiluhur Purwakarta dengan cara yang berbeda, cobalah mendaki gunung Cilembu. Anda bisa melihat ukuran reservoir dari tanah pada ketinggian 729 meter di atas permukaan laut.

Untuk mencapai gunung di belakang waduk ini, Anda tentu harus berjuang sedikit dengan pendakian. Ini tentu akan menjadi pengalaman menarik dengan foto yang tidak kalah uniknya saat Anda mencapai puncak.

Jika Anda tidak ingin bosan mendaki gunung dan takut naik perahu. Ada alternatif lain untuk mendapatkan foto maksimal. Cobalah untuk mengikuti jembatan oranye yang menghubungkan kabupaten Jatiluhur dengan kabupaten Sukasari.

Dari sana Anda mendapatkan panorama indah yang sangat indah saat digunakan sebagai latar belakang untuk mengambil foto. Namun hati-hati saat berada di jembatan ini, karena arus yang mengalir di bawah cukup deras.

Selain panorama yang indah dengan pepohonan hijau dan pegunungan yang menjulang tinggi, ada juga pemandangan menarik dari waduk Jatiluhur.

Ketika Anda tiba di lokasi, Anda dapat menyaksikan secara langsung kehebatan Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat Tbk. Satelit, sekitar 7 kilometer dari pusat kota Purwakarta, berfungsi sebagai alat komunikasi internasional.

Stasiun Satelit Bumi menawarkan layanan gratis internasional (ITFS), Kartu Panggilan Indosat, Sambungan Langsung Internasional dan lainnya.

Berbelanja di Pariwisata Waduk Jatiluhur

Wisata kuliner di waduk Jatiluhur
gambar melalui Spekology.com

Bagi Anda yang ingin memuaskan hasrat berbelanja, Anda bisa membeli kanal dengan oleh-oleh atau oleh-oleh. Toko suvenir tidak jauh dari panggung terbuka yang sering digunakan sebagai tempat untuk berbagai acara dan upacara.

Anda dapat menemukan berbagai toko suvenir dengan harga terjangkau di sekitar waduk Jatiluhur. Jadi Anda bisa mengambil oleh-oleh dari rumah penampungan Jatiluhur untuk disimpan di rumah. Anda juga dapat membeli suvenir untuk teman dan kerabat yang tidak bisa piknik bersama.

Anda juga dapat membeli ikan segar yang ditangkap oleh penduduk dari waduk Jatiluhur. Tentu saja kualitas ikan yang digunakan sangat bagus karena berasal dari waduk.

Tetapi jika Anda tidak mencium bau ikan, ada baiknya menghindari tempat ini. Karena sebagai tempat mengantar ikan, area ini secara alami akan berbau kurang sedap.

Beberapa fasilitas lain yang dapat Anda temukan di Waduk Jatiluhur adalah taman bermain, lapangan tenis, restoran, hotel dan bungalow.

Tempat parkir juga cukup besar dengan keamanan yang cukup aman dan toilet umum. Ada juga ruang sholat untuk Anda yang beragama Islam, jadi Anda tidak perlu bingung jika ingin beribadah.

Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, itu tampaknya tidak cukup, bahkan jika itu hanya satu hari. Meskipun saya datang jauh-jauh ke sana.

Menginap di reservoir Jatiluhur

Wisata waduk Jatiluhur Purwakarta
gambar melalui workanrimba.wordpress.com

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak penginapan dengan harga bersahabat di sekitar waduk Jatiluhur. Selain berkemah, ada berbagai hotel dan bungalow di sekitar waduk yang bisa dijadikan alternatif.

Reservoir Inn Jatiluhur cukup bervariasi dalam hal tarif per malam yang ditawarkan. Tergantung pada seberapa lengkap fasilitas dan lokasi penginapan.

Ada sekitar hotel bintang 20 yang bisa Anda jadikan pilihan alternatif untuk bermalam di reservoir Jatiluhur. Hotel ini dimulai dengan bintang satu hingga empat. Sedangkan harga penawaran terendah adalah 200.000 rupiah per malam.

Wisata kuliner di waduk Jatiluhur

wisata kuliner di Waduk Jatiluhur
foto @nurhayatitien

Setelah lelah seharian, saatnya mengisi dengan reservoir khas Jatiluhur untuk makan siang. Cobalah makan siang di restoran terapung di tengah waduk untuk mendapatkan nuansa berbeda.

Perjalanan ke restoran harus menggunakan perahu motor yang dapat diisi oleh sekitar 10 orang dewasa. Harga sewa kapal adalah antara 200.000 per kapal atau sesuai dengan kesepakatan antara penumpang dan penyewa.

Hanya perjalanan singkat ke restoran terapung yang menjadi ciri khas wisata kuliner di waduk Jatiluhur. Dibutuhkan sekitar 20 menit per kapal motor.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan itu, bisa sedikit khawatir jika Anda berada di atas kapal. Apalagi dalam waktu perjalanan yang cukup panjang.

Tapi jangan khawatir, karena di waduk yang tidak tersentak-sentak, sering kali aman untuk naik perahu motor. Kapal juga dilengkapi dengan pelampung untuk keselamatan penumpang yang ingin pergi ke tengah waduk.

Dan Anda tidak boleh melewatkan itu, pemandangan di sekitar reservoir yang terasa lebih baik ketika Anda berada di atas kapal.

Restoran ini memiliki cukup banyak meja, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tempat-tempat yang habis ketika Anda sampai di sana. Pilihan menu cukup bervariasi, tetapi sebagian besar adalah menu berdasarkan ikan.

Baca juga: Daftar 23 objek wisata di Bogor dan daerah yang paling indah.

Tur bendungan jatiluhur
gambar melalui trevelsia.com

Terutama ikan karamba yang diternakkan di sekitar restoran terapung. Ada juga pilihan ikan yang tersedia termasuk lele, nila merah, nila hitam dan gurame. Bagi yang tidak suka ikan, Anda bisa memesan nasi goreng, mie goreng, mie goreng, kangkung, tahu, tempe dan lainnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan yang dijual karena masih dalam batas wajar. Demikian juga, untuk masalah rasa, tanpa ragu, restoran ini benar-benar akan membuat Anda merasa kenyang dan puas.

Jadi tidak akan ada penyesalan setelah mengarungi reservoir dengan perahu motor untuk makan makanan di restoran terapung ini. Sambil menunggu makanan disajikan, Anda bisa berjalan melalui restoran untuk melihat kandang dengan berbagai jenis ikan.

Di restoran terapung ada berbagai fasilitas pendukung seperti musola, gazebo dan toilet. Jadi Anda tidak harus kembali ke tepi reservoir hanya karena Anda ingin buang air besar.

Dan jika Anda ingin mengadakan acara di atas kapal apung, ada paket tiga juta rupiah. Paket ini berisi kapal charter, karaoke, musik live, dan organ yang diisi oleh 3 seniman.

Jika Anda ingin makan di waduk tetapi memiliki fobia dengan perahu, Anda juga bisa makan di tepi waduk Jatiluhur. Karena ada juga banyak penjual kuliner di waduk Jatiluhur.

Menu masakan Sunda dan pilihan lain tersedia sepenuhnya dan dengan harga bersahabat dan rasa yang cukup lezat. Ada juga penjual berbagai minuman seperti es krim kelapa muda dan banyak pilihan lainnya.

Lokasi Waduk Jatiluhur

Bendungan terbesar di Indonesia terletak di kabupaten Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, provinsi Jawa Barat. Untuk sampai di waduk Jatiluhur, Anda menempuh perjalanan hanya hingga 9 kilometer dari pusat Kota Purwakarta.

Jika Anda dari Jakarta, Anda dapat mengambil jalan tol Purbaleunyi yang melintasi Purwakarta – Bandung – Cileunyi. Kemudian tinggalkan gerbang tol Jatiluhur sementara perjalanan memakan waktu sekitar dua jam.

Sementara jika Anda meninggalkan Bandung, waktu perjalanan Anda untuk tiba di wisata Waduk Jatiluhur adalah sekitar 45 menit.

Jalan menuju Waduk Jatiluhur cukup mulus dan bagus, sehingga tidak akan terasa melelahkan. Ditambah lagi suasana sejuk dengan lanskap hijau yang indah sehingga lamanya perjalanan tidak terasa.

Anda juga bisa sampai di sana dengan transportasi umum. Rute yang akan diambil setelah tiba di kota Purwakarta adalah ke Pasar Bunder dengan transportasi umum 03, yang berwarna merah dan kuning. Kemudian pergi ke transportasi umum merah hitam 011 ke Waduk Jatiluhur.

Harga tiket untuk Waduk Jatiluhur

Reservoir jatiluhur
Foto @ raffiarsyaf_

Untuk pemandangan indah dan pengalaman fantastis di Waduk Jatiluhur, tidak perlu biaya tinggi.

Jika Anda datang dari Senin hingga Jumat, yang harus Anda lakukan adalah membeli tiket seharga 15.000 rupiah. Sementara itu, tarif pada hari Sabtu dan hari libur nasional adalah 20.000 rupee per orang.

Biaya parkir adalah IDR 10.000 untuk kendaraan tipe I, seperti jip, sedan, pick-up dan minibus. Sementara sepeda motor 5.000 rupiah dan bus atau truk membayar biaya parkir 20.000 rupiah.

Video liburan Vlog Hits Posong 2020 Travel



Paket Wisata Murah

DifaWisata.com – Paket Wisata Murah tahun 2020 dengan harga terjangkau. Temukan liburan serta pengalaman yang baru bersama kami. Dengan perjalanan Private Tour Wisata Indonesia, tidak digabung dengan peserta lain, menjadikan liburan Anda lebih personal dan menyenangkan. Kami menyediakan beberapa pilihan Paket liburan murah dan program wisata sesuai budget Anda. Itinerary tour, kami sesuaikan dengan jadwal sholat & Makanan yang kami sediakan di restoran bersertifikat halal, yang menjadikan kami sebagai biro perjalan Wisata halal Indonesia.

Sumber Link: Kunjungi website

Leave a Reply